Run android.apk file on chrome browser – Menjalankan aplikasi android dari chrome

Waowww…
Amazing bukan judulnya?? hehehee, beginilah saya yang sok kebarat-baratan pake bahasa inggeris segala tau betul apa kagak itu tulisannya πŸ˜€ . Okeh, jadi waktu itu sempat baca postingan/artikel (lupa darimana) , pokoknya tulisan itu isinya tentang bagaimana aplikasi native android dijalankan di browser chrome / di chrome os, tulisannya cukup lengkap menurut saya, sayang saya lupa linknya 😦 . Di artikel tersebut dijelaskan mulai dari install paket yang dibutuhkan, sampe menjalankan file .apk di browser chrome / chrome os, insha allah klo inget nanti dishare link nya di blog ini πŸ˜€ .
Tapi, untungnya saya udah install semua paket yang dibutuhkan buat “running” file .apk itu dari browser chrome saya ini πŸ˜€ hahaahaa terus bisa dipamerin deh di blog sendiri.
Okeh langsung aja kita akan lihat penampakannya.
penghitung-apk2Yang saya ingat(karna masih ada historynya di terminal saya) cuma cara convert(gatau bener apa kgk istilahnya) file .apk biar bisa dijalankan di chrome browser, yaitu :

1. Download file .apk yang mau dicoba, simpan dalam folder atau simpan dimana aja terserah dah πŸ˜€ .

2. Buka terminal, masuk ke folder tempat file .apk tadi, terus ketik perintah ini / bisa lihat gambar :

(hehehe sory saya ga lewat terminal tapi lewat jalan pintas :p )

” $chromeos-apk Penghitung.apk –archon ”

penghitung-apk33. Setelah mengetik perintah tadi, akan terbentuk sebuah folder, kalo ditempat saya akan terbentuk sebuah folder dengan nama “com.penghitung.android”

4. Selanjutnya buka browser chrome, masuk ke setting, extension, terus load unpacked extension (kalo kurang jelas bisa lihat gambar πŸ˜€ ), pilih folder yang tadi “com.penghitung.android”

penghitung-apk45. Setelah semua sudah selesai, klik launch untuk menjalankan aplikasi tadi, atau bisa masuk menu apps pada browser chrome anda :D.

Nah, kira-kira begitulah cara install file .apk di chrome browser.

source *)

-file .apk minta dari master saya πŸ˜€ (kayaknya sih boleh nih saya share) kalo mau bisa donlot disini

This entry was posted in android and tagged , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

