Belajar Node.js episode lanjutan Part1

Pasti kalian pernah merasakan cinta bukan??
Terus, apa kalian merasakan galau juga?
Hmm..kalo kalian pernah juga, berarti gada yang aneh kan dengan saya ini 😀 .

Terkadang pikiran itu n’ga bisa hilang, perasaan kangen(rindu). Seberat apapun perasaan ini tetap percuma, andai diri ini lebih percaya diri dan yakin.
“..ini hanya teriakan perasaanku, tentang perasaanku kepada dirimu..”
Biar lengkap curhatan ini sedikit saya tulis kutipan lagu Dewa19 😀 hahahaaa…

Okeh curhatannya udah kelar, makasih udah mau baca 😀 . Kita akan kembali dengan sedikit catatan atau tutorial yang sederhana dari saya.

Sesuai judul yang saya tulis diatas itu, kita akan mencoba node.js lagi. Jangan terlalu berharap banyak saya buat jelasin yaa 😀 hehehe, soalnya saya aja otodidak dari gugel doang. Rumus sederhananya sih “Baca->Download->Edit” ya ga mesti ng’urut juga sih atau mungkin ga mesti gitu juga, ya pokoknya kayak begitulah.

Hahaha makin aneh kedengerannya nih. langsung aja kalo gitu, untuk tahap instalasi node.js-nya akan saya lewati sebab asumsi saya kalian sudah bisa menginstallnya 😀 (tinggal next-next aja kok / klo di windows hehehe) :
1. Install Express, Generator-Express, & Yo (yeoman)

$sudo npm install -g express
$sudo npm install -g generator-express
$sudo npm install -g yo

2. Buat direktori kerja kita dan install express disana

$mkdir exp_mvc
$cd exp_mvc
$yo express

Pada tahap 2(Kedua) ini atau saat kita meng-inisiasikan yo untuk menginstall express, kita akan diberikan prompt pilihan sesuaikan dengan kebutuhan instalasi kita. Berikut skrinsut instalasi di kompi saya 😀

yo_express

yo_express2

yo_express3

yo_express4

yo_express5

yo_express6

This entry was posted in node.js and tagged , , , . Bookmark the permalink.

2 Responses to Belajar Node.js episode lanjutan Part1

  1. Pingback: Belajar Node.js episode lanjutan Part2 | just a fool

  2. Pingback: Belajar Node.js episode lanjutan Part3 | just a fool

Leave a Reply

