Belajar Node.js episode lanjutan Part2

Halooo halooo… 😀
Sampaikan salamku untuknya yang selalu ada disampingku meski sepertinya ia tak menyadari kehadiranku :p
Uppss sory kebiasaan galau :D.

Yo kembali lagi kita pada pembahasan atau tutor sederhana tentang node.js dan express ini, o iya sekedar mengingatkan aja sih saya n’ga semahir programmer2 diluar sana, saya belajar ini secara otodidak dan tanya sana sini jadi kalo ada kekurangan atau kesalahan dalam penyampaian mohon dikoreksi :D. Pada postingan sebelumnya kita baru membahas sampai proses instalasi saja(ehhehe kalo ga salah) nah untuk selanjutnya ini kita akan coba utak-atik scriptnya :D.

Untuk memastikan instalasi berjalan lancar langsung aja kita coba jalankan node server-nya.
Folder aplikasi berada pada (yo_exp) dan untuk menjalankan cukup dengan mengetikkan grunt.

$cd yo_exp
$grunt

yo_express7
Apabila ketika dijalankan menampilkan pesan error, hal ini kemungkinan(hehehe kayaknya sih emang bener) karna kita belum menset/mengedit file config.js di folder config. FIle config ini merupakan konfigurasi database untuk aplikasi kita, karna sebelumnya saya menggunakan PostgreSql maka setingannya yaa untuk postgres 😀 untuk database yang lain harap disesuaikan saja.

var config = {
  development: {
    root: rootPath,
    app: {
      name: 'yo-exp'
    },
    port: 3000,
    db: 'postgres://userPostgres:passwordPostgres@localhost/namaDb'
    
  },
};

Setelah mengedit file config.js tadi silahkan jalankan grunt kembali, apabila berjalan lancar akan tampil seperti skrinsut saya ini dan kita bisa akses web kita dengan mengetikkan http://localhost:3000
yo_express8
yo_express9
fiuhhh capek juga pagi-pagi ngeblog :p lanjut besok lagi aja ahh.

Advertisements
This entry was posted in node.js and tagged , , , . Bookmark the permalink.

One Response to Belajar Node.js episode lanjutan Part2

  1. Pingback: Belajar Node.js episode lanjutan Part3 | just a fool

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s