Aplikasi Android sederhana dengan Eclipse

“Ikatlah ilmu dengan menuliskannya”

Main ke blog temen ehh baca tagline begitu, sempet kepikiran juga maksudnya itu gimana dan kayaknya sih ngertilah dikit-dikit gimana maksudnya. Mungkin kek gini kali yaa, pengetahuan yang kita punya itu akan lebih berguna kalo kita menuliskan(mendokumentasikan)-nya minimal buat pribadi kan kita ga akan tau apa masih ingat atau n’ga apa yang telah kita pelajari, yaa syukkur-syukur tulisan kita ini berguna buat yang lain 😀 . Ya kali begono maksudnya, hehhee pokoknya keren dah itu tulisannya.

Terus apa yang mau kita bahas kali ini?? hehehe dari judul aja udah jelas yaa -___-
Okehlah kali ini kita coba maenan Eclipse dan SDK Android-nya, beuhhh gaya beud ya kayak udah jago aja eclipse buat maenan 😀 hahahaa. Kita kan masih amatir, ya kalo udah Pro mah bukan maenan lagi namanya ya kan?? :p .

Disini saya asumsikan kalian udah bisa install Eclipse dan konfigure SDK Android-nya, pengen sih jelasin cara install dan konfigure SDK-nya tapi males ahh :p (mungkin lain kali). Untuk aplikasi apa yang akan kita coba kali ini, sebenernya ini juga dapet dari blog orang sih hehehe. Seperti tagline yang saya copas itu, ilmu yang saya dapet minimal saya tuliskan lagi kan lumayan buat catatan pribadi ya syukur-syukur sih berguna buat yang lain 😀 . Langsung aja yuk, ikuti beberapa step berikut yaa.

1. Buat project baru di Eclipse,
android1
2. Dibagian Project pilih Android Application,
android2
3. Selanjutnya penamaan aplikasi kita, dan next-next aja sih kayaknya 😀 hehehee
android3
android4
kalo mau ubah default launcher icon-nya tinggal browse icon yang kita mau :p .
android5
android6
android7

4. Setelah klik finish pada gambar terakhir itu, kita akan dihadapkan dengan lembar kerja hehehe kek gitu kali istilahnya, biar jelas liyat gambar nya aja deh :p .
android8
Kalo udah sering buat aplikasi desktop dengan IDE dan mendesignnya tinggal Drag&Drop pasti terbiasa dengan tampilan ini, ya kita tinggal drag and drop aja apa yang kita mau tampilkan, seperti contoh berikut .

5. Selanjutnya mulai membuat design form seperti gambar dibawah.
android9
Bisa dilihat disana terdapat 2 buah button dan 1 label/textview, atau lebiih jelasnya bisa lihat outline pada Structure Form tersebut. Disini saya tidak merubah penamaan ID pada button ataupun textview tersebut, yang diubah hanya name-nya saja, untuk merubah name tersebut cukup arahkan kursor ke salah satu button ataupun textview dan lihat di tab properties dan pada bagian Text ubah nama sesuai nama yang kita mau, jangan lupa enter :p .

6. Selanjutnya tahap kodingnya 😀 , hehehe. Saya mau jelasin sebenernya apa mksud dari script dibawah tapi takut salah euy, jadi diperhatikan aja yaa apa yang berubah dari file aslinya.

package com.helloandroid;

import android.support.v7.app.ActionBarActivity;
import android.os.Bundle;
import android.view.Menu;
import android.view.MenuItem;
import android.view.View;
import android.view.View.OnClickListener;
import android.widget.Button;
import android.widget.TextView;

public class MainActivity extends ActionBarActivity implements OnClickListener {
	Button btnGanti;
	Button btnExit;
	TextView helloView;
	
	@Override
	protected void onCreate(Bundle savedInstanceState) {
		super.onCreate(savedInstanceState);
		setContentView(R.layout.activity_main);
		
		btnGanti = (Button) findViewById(R.id.button1);
		btnExit = (Button) findViewById(R.id.button2);
		helloView = (TextView) findViewById(R.id.textView1);
		
                btnGanti.setOnClickListener(this);
		btnExit.setOnClickListener(this);
	}

	@Override
	public boolean onCreateOptionsMenu(Menu menu) {
		// Inflate the menu; this adds items to the action bar if it is present.
		getMenuInflater().inflate(R.menu.main, menu);
		return true;
	}

	@Override
	public boolean onOptionsItemSelected(MenuItem item) {
		// Handle action bar item clicks here. The action bar will
		// automatically handle clicks on the Home/Up button, so long
		// as you specify a parent activity in AndroidManifest.xml.
		int id = item.getItemId();
		if (id == R.id.action_settings) {
			return true;
		}
		return super.onOptionsItemSelected(item);
	}
	
	@Override
	public void onClick(View v){
		if(v == btnGanti){
			helloView.setText("Haiii");
		}else if(v == btnExit){
			finish();
		}
	}
}

7. Untuk menjalankannya tinggal tekan tombol run as yang berwarna hijau ada segitiga-nya atau klik kanan project dan run as.
android10

fiuhhh… akhirnya jadi juga aplikasi android kita 😀 .

Advertisements
This entry was posted in android and tagged , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s