Mount LVM Partition in external drive from terminal with same VG Name

” …udah punya cowo ato calon gituh mba??”
“..belum kok”
“yeayy… soalnya saya kira malah lagi deket sama si anu mba hehehee”
“emang lagi deket sama si anu sih, wjkwkwkw”
“……..” <- anggap aja ini saya pingsan pas baca balesan si mba nya.

yaa kurang lebih kek gituh dah chat kemarin sore dengan berakhir saya pingsan hahahaaaa.
kalo diinget-inget dulu jg pernah ngelakuin kesalahan kecil keknya, waktu itu si mba pernah minjem hape & gatau mau buat apa, apa buat ngeliat chatingan kita berdua ato buat chatingan yang lain (stalking gituh kali) hahahahaa pede gila kalo kata dia mah ini. tapi kalo emang bener waktu itu dia itu stalkingin saya, nah disini ini nih saya salah nya, ada chat sama temen yang emang agak gombal gembel gituh deh yaa pokoknya banyak rayuan-rayuan gila dah disana hahahhaaa dan kalo ampe dia baca itu bisa-bisa dipikirnya saya ini udah punya gebetan mungkin, padahal mah becandaan aja ituh chatnya :D.

dan sekarang tau dia lagi deket gituh sama temen, rasanya tuh gelisah, detak jantung gak karuan, napas gak berirama sama sekali hahahhaaa udah kaya gejala penyakit akut aja inih. ya agak risih sih intinya, apalagi pas ngeliyat langsung lagi berdeketan, nahh pas momen kek gini ini nih rasanya pengen pindah aja.

fiuhhh….makin parah aja yaa galaunya. kok jadi ngerasa kek lagunya five minutes “..semakin ku kejar, semakin kau jauh..” hahahaa entahlahh moga aja masih bisa ditolong kegalauan ini :D.

ehmm..melihat curhatan saya yang udah lumayan panjang ini, masa iya dengan judul yang keren kek gitu isinya cuma kegalauan saya doang šŸ˜€ hahahaa. tenang-tenang, “aku gak akan mengecewakan kamu kok” :D.

okeh langsung aja, kenapa judulnya bisa kek gituh? jadi ceritanya gini, saya punya hardisk bekas netbook yang udah rusak, data-data nya masih ada di hdd itu & rencanya sih hdd itu mau buat backup data laptop kantor. nah kebetulan temen kantor ada yang punya drive portable (apalah namanya itu gatau saya :D) ya intinya sih si-drive-portable itu kegunaanya buat jadiin hardisk internal jadi hardisk external terus kita bisa transfer data kek flashdrive biasa aja, lewat port USB. lohh terus dimana kerennya judul postingan ini??? hehehee. nih kerennya tuh, hdd bekas notebook itu filesystem-nya bukan NTFS ato FAT yang bisa langsung dibuka(plug & play). kebetulan hdd ini isinya instalan fedora juga, dan filesystemnya itu formatnya LVM, nah apa itu LVM?? gatau?? sama berarti šŸ˜€ hahhaaaa.

untuk me-mount partisi yang formatnya LVM saya nemu di internet beberapa cara dan kebetulan cara yang akan saya sampaikan ini merupakan salah satu cara “berkebutuhan khusus” hahaha gaya beud yaa dikutip-in udah kyk istilah apaan aja. soalnya kenapa? jadi saya mau me-mount hdd ini di laptop yang udah diinstall fedora, kebetulan juga nama VG dari si-partisi LVM nya hdd itu sama dengan VG Name nya si laptop ini dan kalo langsung di-mount yang ada malah ng’mount partisi LVM si laptop, gimana? ngerti kan masalah aku ini? hahaaaa okeh langsung aja disimak langkah-langkahnya.

1.) cek UUID external drive

# vgs -v

nanti akan muncul list partisi LVM kita.

2.) ganti/rename dengan yang baru

# vgrename <UUID> new_name

“” ini ga’ usah pake tanda “” ya :D, terus “new_name” ini terserah apa aja yang unik dan jangan lupa hehee.

3.) reactivated LVM

# vgchange -a y

mengaktifkan kembali partisi LVM yang udah kita ubah tadi.

4.) mount LVM partition

# mount /dev/new_name/vg_name /mount

partisi LVM kita akan di-mount ke direktori “/mount”, selanjutnya tinggal buka aja direktori itu dari file manager yang biasa kita pake. terakhir ituh jangan lupa kita umount lagi partisinya.

# umount /dev/new_name/vg_name /mount

yeayyy…..keren kan šŸ˜€ hahahaa, udah ahh ngantukkk.

“…satu hal yang kusadari, terasa percuma kalau hanya sekedar kata-kata cinta yang terucap…
..yoshhh nyari modallllll…..” šŸ˜€

This entry was posted in linux. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

